//
you're reading...
Teacher

Teacher’s Belief in Teaching English

MTs Fathur Rahman's StudentMembaca judul tersebut, maka benak kita kita akan tertuju pada agama yang dianut oleh seorang guru. Akan tetapi, apa yang kita bayangkan tentang teacher’s belief tidaklah sesederhana itu. Teacher’s belief dimaknai sebagai cara pandang seorang guru dalam melihat pendidikan, termasuk proses belajar mengajar, siswa, metode mengajar, tujuan pembelajarn, bahan ajar dan segala yang berhubungan dengan pendidikan itu sendiri.

Cara pandang seorang guru terhadap pendidikan selanjutnya berimplikasi terhadap komponen-komponen di atas. Seorang guru bahasa Inggris, misalnya, yang memandang pengajaran bahasa Inggris sebagai upaya untuk meluluskan siswa menempuh Ujian Nasional tertulis akan melakukan proses belajar mengajar yang berorientasi pada keberhasilan siswa untuk berhasil pada Ujian Nasional tertulis, dalam hal ini Reading Skill.

Dengan demikian, guru tersebut dapat dipastikan akan memberikan materi belajar reading yang lebih banyak bahkan kadang semuanya hanya terfokus pada skill tersebut dan menggunakan metode reading yang bersifat monoton untuk menjawab soal pilihan ganda. Implikasinya, skill yang lain seperti writing, speaking dan listening akan dikesampingkan. Hasilnya tentu bisa kita tebak bahwa siswa akan minim dalam pengalaman bahasa. Dalam hal ini, guru berorientasi pada pencapaian nilai ujian yang tinggi.Gambaran yang lain misalnya seorang guru yang memandang siswa sebagai sosok yang bisa belajar, memiliki pengalaman yang banyak dan mampu mencapai sesuatu akan mampu menggali dan menstimuli kemampuan dan pengalaman belajar siswanya. Guru yang berkeyakinan demikian bisanya akan memberikan ruang dan kesempatan yang banyak kepada siswa untuk berkreasi. Dia akan memberi kesempatan kepada siswa untuk menjadi apa yang seharusnya mereka capai.

Contoh di atas menggambarkan begitu pentingnya cara pandang seorang guru dalam memandang pendidikan bagi anak didiknya. Olehnya itu, sudah saatnya guru mengembangkan sikap-sikap positif dalam memandang pendidikan dan pengajaran sehingga mampu membentuk karakter yang tepat untuk anak didik. Wallahualam.

About Teaching English 4 All

This website is dedicated for all English teachers by presenting article, news, researches, and diagrams to help them to optimize the teaching of English around the globe

Discussion

10 thoughts on “Teacher’s Belief in Teaching English

  1. wah mantap saya ska itu! smoga generasi berikut’x slau ad yg bsa menjadi penerus’x! amien

    dan semoga mts faurrahman menjadi generasi muda islam yg berilmu dan berakhlak mualia sampai akhir masa(kiamat)

    amin ya rabbal alamin

    atas nma murid mts fatturahman

    Posted by dedi rahman | June 25, 2010, 1:19 pm
  2. weh spa tu………………………??????????????????????????????????????????????????????? kya’ q knal sma orng tu…. n smoga generasi selanjutnya bisa seperti itu,,,, amin

    Posted by sasuke | June 27, 2010, 7:22 am
  3. i m happy because i can joint with the all friend, like u ( Amazing and genius )
    By : Eva Pare

    Posted by eva_Mustika | June 29, 2010, 2:28 am
  4. Tongeng…..tongeng…..tongeng….

    Posted by Medhy | August 3, 2010, 4:25 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Reciprocal Teaching Strategy in Teaching Reading Descriptive Text « Teaching English 4 All - April 24, 2011

  2. Pingback: Teaching Writing Descriptive Text Using Flash Card « Teaching English 4 All - April 26, 2011

  3. Pingback: Questioning Technique in Teaching English « Teaching English 4 All - April 29, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: